Categories
Uncategorized

5 DESTINASI WISATA KULINER LEGENDARIS DI MALANG

5 DESTINASI WISATA KULINER LEGENDARIS DI MALANG

Malang selain memiliki wisata alam yang menarik paraa wisatawan, malang juga memiliki wisata kuliner legendaris yang juga memiliki potensial menarik wisatawan. Terdapat banyak sekali tempat makan legendaris yang wajib kamu coba di malang, tempat tempat makan ini berdiri sejak puluhan tahun, melali sebuah buku yang berjudul 100 tempat makan legendaris di malang, pakar kuliner dan penulis lily T Erwin menjelaskan beberapa tempat makan di malang yang masih bertahan dan bahkan memiliki reputasi dengan seiring berjalannya waktu, tempattempat tersebut semakin terkenal karena sampai sekarang mampu mempertahankan citarasa yang sangat khas namun tetap bisa mengikuti perkembangan jaman.

Berikut 5 wisata kuliner legendaris di malang


1.Soto Babon Pak Mulyani

 Salah satu kulner legendaris di malang yang harus kamu coba yaitu soto babon pak mulyani, soto babon pak mulyani sendiri berlokasi di jalan kolonel slamet supriyadi. No 3 bandungrejosari, kec sukun kota malang, jawa timur. Rumah makan ini telah beroperasi selama kurang lebih 20 tahun.

Soto yang disajikan mirip dengan soto lamongan, yang isinya terdiri dari ayam, kol, sohun,dan tauge. Untuk lauk pelengkapnya ada hati, ampela, dan telur. Salah satu keistimewaan soto babon ini adalah penggunaan ayam babon beetina yang sudah bertelur sehingga rasa daging agak kenyal. Bumbu koya khas lamongannya yang dibuat dari bawang putih goreng ditumbuk halus. Tersedia sari jeruk nipis yang tersedia di dalam botol untuk menambah kesegaran


2. Toko Roti Andalas

 Toko Roti Andalas berlokasi di Jalan Kawi No. 11, Malang, Jawa Timur. Took roti ini cocok banget dijadikan wisata kuliner karena banyak beragam pilihan roti yang ditawarkan. Awalnya took ini mulai berjualan pada tahun 1963 di jalan andalas. Kemudia pada tahun 1992 toko ini berpindah di jalan kawi. Kue yang popular di took ini adalah kue khas belanda seperti yan hagel, krakeling, anannas, kastengel, mereng, tastjes dan lidah kucing.

3. Toko Oen

Toko Oen berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Salah satu Wisata kuliner di malang ini adalah warisan budaya karena mengandung riwayat historis. Toko oen malang ini adalah salat satu dari beberapa cabang yang ada di kota lain. Took oen malang ini berdiri pada tahun 1930 an dan makanan yang disajikan meliputi aneka kue jama dulu, bangunan toko juga menampilkan ornament khas jamaan dulu, pengunjung juga bisa menikmati makanan di tempat langsung.

4. Rawon Rampal

Rawon Rampal terletak di Jalan Panglima Sudirman No. 71A, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Tempat makan rawon rampal didirikan sejak tahun 1957. Dan ownernya adalah tiga bersaudara Ibu Syarifah, Napsiah, dan Sumiati. Seperti rawon paa umumnya Rawon Rampal berisi daging sapi dan tauge dengan kuah rawon yang khas. Selain rawon tempat ini juga menyediakan soto, pecel, dan aneka kudapan sebagai pelengkap.

5. Rumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah

 Tempat makan ini berlokasi di Jalan Kawi Kios No. 43B Kauman, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Pada awal mulanya, Hj. Musilah mengawali usaha berjualan makanan hanya dengan berjualan keliling kampung membawa bakul di atas kepala.

Atas jerih payahnya selama ini, beliau bisa membuka tempat makan di Jalan Kawi. Nasi pecel buatan Hj Musilah sangat populer di Malang dan kota lain di sekitar malang. Pecel kawi ini biasanya dimakan dengan tempe dan rempeyek kacang. Dan Lauk pelengkap lainnya yang disediakan disini adalah telur, daging, empal, dan sate komoh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *